Makanan Khas Kota Jakarta

Nama                       Kerak Telor Setu Babakan Khas Betawi

Lokasi                     Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Menu Andalan  Kerak Telor Ayam dan Bebek

Kisaran Harga    Rp 10.000 – Rp 12.000

GC_Kuliner_Makanan Terkenal Khas Kota Jakarta

Rasanya yang sangat khas selalu dicari oleh banyak orang ketika berkunjung ke Setu Babakan, yaitu kerak telor. Makanan tradisional khas Betawi ini selalu menjaga cita rasanya dari serangan makanan internasional. Enak…itu adalah kata yang dikeluarkan pada saat mencoba makanan ini. Harum yang kuat dan menggugah selera berasal ketika bumbu, seperti garam, gula, dan lada yang terlebih dahulu disangrai dan diaduk diatas tungku api panas yang bersamaan dengan telor ayam atau bebek bercampur dengan beras ketan. Tidak lupa menaruh kelapa serundeng dan bawang goreng diatas kerak telor yang sudah matang.

Keterampilan tangan Bang Sawi dalam membuat kerak telor tidak perlu dipertanyakan lagi, karena sudah lebih dari 10 tahun berjualan makanan khas ibukota Jakarta ini. Kerak telor milik Bang Sawi ini rame dikunjungi oleh para pengunjung setiap hari, terutama hari libur. Harga per porsi kerak telor yang dijual tidaklah terlalu mahal karena sesuai dengan kantong pengunjung. Bang Sawi mulai menjual kerak telor pada pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.

GC_Kuliner_Makanan Terkenal Khas Kota Jakarta (2)

Bang Sawi mengatakan, “bahwa ia sangat senang berjualan kerak telor dibandingkan makanan khas Betawi yang lainnya”. Pengunjung yang datang menjelaskan, bahwa kerak telor yang dibuat oleh Bang Sawi sangat enak berbeda dengan kerak telor yang lain dan harganya cukup terjangkau. Pengunjung lebih sering makan langsung disana karena tempat duduknya berada di dekat pembuatan kerak telor dan setu sehingga dapat langsung melihat proses pembuatan dari makanan yang sekaligus dapat merasakan keindahan dari Setu Babakan.

Tidak jarang juga ada yang membungkus kerak telor untuk dibawa pulang. Makanan ini sangat nikmat ketika disantap masih dalam keadaan panas atau baru matang karena lebih terasa aroma yang harum dari kerak telor. Kenikmatan kerak telor Bang Sawi membuat pengunjung ketagihan dan tidak sabar ingin kembali mengunjungi kawasan Setu Babakan untuk mencicipi makanan ini. Bagi Anda yang akan berkunjung ke daerah Setu Babakan jangan sampai lupa mencicipi dan merasakan Kerak Telor Bang Sawi. (@ShynthaDamanik – foto @ShynthaDamanik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s