Dampak Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL)

CG_news_kenaikan TDLDalam kehidupan sehari-hari, listrik memiliki peranan yang cukup penting. Dimana listrik digunakan untuk menunjang segala aktivitas, seperti untuk menyalakan lampu, mesin cuci, komputer dan lain sebagainya. Bisa dibayangkan apabila di dunia ini tidak terdapat listrik.

Baru-baru ini PLN disinyalir telah menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) sekitar sebulan lalu. Kenaikan ini menyebabkan efek domino yaitu menyebabkan efek-efek lainnya. Seperti yang dirasakan oleh para pengusaha-pengusaha kecil.

Dimana biaya produksi yang semakin membengkak seiring kenaikan TDL tersebut. “Saya terpaksa menaikkan harga laundry dari Rp. 5000,-kg menjadi Rp. 6000,-/kg karena listriknya naik,” ujar Neneng seorang pengusaha laundry di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur. Saat ditanyakan bagaimana respon pelanggan terhadap kenaikan harga ditempatnya beliau menjawab “Mereka awalnya keberatan namun, setelah saya jelaskan untungnya mereka dapat mengerti”, sambungnya sambil tersenyum.

GC_news_kenaikan TDL(2)

Sedangkan para ibu rumah tangga lebih memilih untuk menekan biaya pengeluaran untuk menangani kenaikan TDL ini. “Saya sekarang lebih menghemat listrik mbak kalo siang hari, pake seperlunya aja biar ga mahal bayar tagihannya,” ungkap Tuti. (@riasundari5 – Foto Courtesy of snipertechno.com dan muzzaki.wordpress.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s