Kembalinya Iron Man

Judul Film Iron Man 3

Sutradara Shane Black

Pemain Robert Downey, Jr., Gwyneth Paltrow, Guy Pearce, Ben Kingsley, Don Cheadle, Jon Favreau

Genre Action

Durasi 130 menit

GC_review film_iron man 3

Deskripsi

Anda tentu masih ingat, Iron Man pertama, rilis 2008, merupakan  kritik bagi orang-orang yang mengambil keuntungan dari perang. Tony Stark adalah “pedagang senjata” yang semula ingin untung dari perang, tapi kemudian tersadar dan menciptakan senjata pamungkas untuk menyelamatkan bumi. Film Iron Man kedua, rilis 2010, lebih jauh menyitir isu perlombaan senjata di antara industriawan.

 Yang harus terlebih dahulu Anda pahami soal Iron Man 3 adalah filmnya lanjutan dari film superhero terdahsyat tahun lalu, The Avengers  yang menghasilkan AS$ 1,2 miliar atau Rp 11,6 triliun dari seluruh dunia. Marvel akan membuat penonton seperti pembaca komik, diminta memahami bahwa para superhero Marvel ini hidup dalam sebuah jagat yang sama (Marvel universe).

Iron Man 3 ini sudah tamat dengan isu perlombaan senjata dan dari bayang-bayang perang Amerika. Kini, yang disuguhkannya adalah teror di tanah Amerika sendiri—yang terasa kian relevan karena Amerika baru saja dguncang Bom Boston. Para pelaku bom yang rela menghancurkan dirinya persis teroris yang meledakkan diri sambil dibelit bom pada tubuh.

GC_review film_iron man 3

Sineas Hollywood memang piawai memaknai kekacauan yang terjadi di dunia nyata untuk diterjemahkan ke dalam sebuah film. Trilogi Iron Man seakan menegaskan, tidak perlu mengambil jalan yang sulit. Dengan aksi spektakuler diselingi humor cerdas, sebuah film superhero tetap jadi tontonan spektakuler.

Seperti pertarungan pahlawan super dengan musuhnya yang makin lama makin sengit, begitu juga film-film tentang mereka yang diambil dari berbagai judul komik ini. Ledakan makin menggelegar, gedung dan jalan hancur dengan makin dramatis, dan kekuatan si penjahat makin tak terbendung. Untuk aksi seperti ledakan, mengarungi langit, perkelahian yang tangkas dan sangar, sampai segala akal bulus Stark, Iron Man 3 tidak akan membuat kecewa. Walau efek 3D di sini rasanya kurang perlu karena nyaris tidak ada pengaruhnya.

Tapi hal lain yang juga menonjol adalah betapa Stark sering terlihat di luar seragam besinya. Seragam terbarunya terdiri dari sejumlah komponen yang mampu terbang sendiri untuk hinggap di tubuh Stark, dan di beberapa adegan, terlihat Stark yang sebelah kaki dan sebelah tangannya terbungkus besi tapi kita bisa melihat wajah dan bagian tubuhnya yang lain. Adegan-adegan itu memunculkan sisi manusia Stark, yang rapuh dan bisa terluka. [@tathaviani– foto courtesy of cinephilesdiary.blogspot.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s