Kelompok Tiga Saudara Selalu Mempertahankan Musik Tanjidor

GC_profil_kelompok tanjidor

Kenal sama musik yang biasanya hanya didengar pada saat Ulang Tahun Jakarta? Tanjidor, namanya. Merupakan salah satu kekayaan dari Budaya Negara Indonesia yang dimiliki oleh Suku Betawi dan salah satu kesenian dari daerah kota Jakarta yang dimainkan secara berkelompok. Saat ini ada satu kelompok yang masih mempertahankan kualitas dari Musik Tanjidor, yaitu Tiga Saudara. Kelompok ini dipimpin oleh Minan yang mulai belajar musik tanjidor sejak duduk di bangku perkuliahan.

Go Circle (GC)     : Apa nama kelompok musik tanjidor yang Pa Minan bentuk? Dan sudah berapa lama kelompok ini terbentuk?

Bapa Minan (M) : Kelompok tanjidor yang saya bentuk bernama Tiga Saudara. Untuk sudah berapa lama kelompok ini terbentuk kira – kira sejak saya lulus kuliah.

Go Circle (GC)     : Dimana lokasi tempat latihan kelompok Tanjidor Tiga Saudara? Dan mulai dari hari apa anggota kelompok ini latihan?

Bapa Minan (M) : Di Jalan Kecapi 5, tempat ini bukan hanya sebagai tempat latihan saja tetapi juga sebagai tempat terbentuknya Kelompok Tiga Saudara. “Untuk hari latihan tidak menentu (sambil berpikir) karena tergantung kapan Tiga Saudara akan pentas”  waktu pentasnya masih lama waktu untuk latihan tidak setiap hari dan jika waktu pentasnya sebentar lagi waktu untuk latihannya setiap hari.

Go Circle (GC)     : Di dalam kelompok Tiga Saudara ini terdiri dari berapa orang?

Bapa Minan (M) : ”Untuk saat ini kelompok Tiga Saudara terdiri dari 8 anggota dan semuanya laki – laki”. Yang terdiri dari anak – anak, dewasa, dan orang tua.

Go Circle (GC)     : Apa semua anggota Tiga Saudara merupakan satu keluarga dan asli orang Betawi?

Bapa Minan (M) : ”Tidak semua anggota Tiga Saudara ini masih satu keluarga dan tidak semuanya asli orang Betawi”. Karena  kelompok ini untuk siapa saja boleh ikut, bukan hanya asli orang Betawi atau yang masih satu saudara tetapi orang luar  ikut di dalam kelompok ini.

Musik Tanjidor Tiga Saudara memang kelompok musik tanjidor yang masih setia memperlihatkan dan memainkan musik Tanjidor. Kelompok ini memperbolehkan masyarakat umum, terutama orang – orang yang bukan asli Betawi untuk ikut bergabung.

Go Circle (GC)     : Di kawasan mana saja kelompok Tiga Saudara pentas?

Bapa Minan (M)  : ”Tiga Saudara ini sudah pentas di daerah Setu Babakan, Ancol, Kantor Walikota Jakarta”. Ketiga tempat itu dijadikan untuk mempertunjukkan Kesenian Musik Tanjidor. Tetapi kelompok Tiga Saudara lebih sering melakukan pertunjukkan di Setu Babakan karena tempat ini lebih ramai dikunjungi oleh pengunjung terutama saat Ulang Tahun Jakarta.

Go Circle (GC)     : Di musik Tanjidor banyak alat yang digunakan dan bisa bapa tunjukkan apa saja alat musik yang digunakan pada saat pertunjukkan musik tanjidor?

Bapa Minan (M) : “Boleh, saya akan memberitahu dan menunjukkan alat yang digunakan pada saat kelompok ini pentas. Ada Klarinet, Piston, Saksofon, Tenor, Drum (Membrannofon), Simbal (Perkusi), Side Drums (Tambur)”. (Sambil menunjukkan alat musik). Ini adalah alat – alat yang selalu kami bawa dan kami gunakan saat melakukan pertunjukkan.

Go Circle (GC)     : Seru ya pa! Ternyata banyak alat yang dimainkan pada saat pertunjukkan Musik Tanjidor. Saat ini kita tahu bahwa musik khas dari daerah Betawi ataupun dari daerah – daerah lain sudah tersingkir dengan adanya musik – musik yang lain. Apa saran bapa agar anak muda jaman sekarang mempelajari musik daerah terutama musik Tanjidor?

Bapa Minan (M)  : “Saya sedih dengan anak – anak muda sekarang yang tidak mau mempelajari musik daerah. Padahal siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikan musik ini kalau tidak mereka sendiri.” Saran saya jika memang mereka menyukai musik yang lain, sebaiknya memasukkan sedikit nuansa musik daerah pada saat membuat lagu agar mereka tidak melupakan musik daerah. (@ShynthaDamanik – Foto @riasundari5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s